skip to main |
skip to sidebar
MEMBANGUN JARINGAN PEMBELAJARAN UNTUK PETANI KECIL :PACHAMAMA RAYMI SEBAGAI SEBUAH INOVATIF DARI SISTEM PENGETAHUAN MENEJEMEN
- Pachamama Raymi adalah sistem kapasitas pembangunan yang dibuat dengan kreatif dan tidak ortodok untuk solusi yang lebih baik bagi inovasi pertanian dan menejemen sumber daya natural.
- Pembuatan Pachamama Raymi oleh seorang Belanda bernama Van der Zel tahun 1986 yang melihat cara untuk teknik irigasi yang baik yang berlokasi di pergunungan Cusco, Peru
- Dalam 2 dekade setelah pembuatannya, metodologi Raymi telah tersebar ke beberapa negara seperti Peru, Bolivia, Guatemala, Cili, dan Ekuador.
- Eropa menilai metoda Raymi merupakan suatu metoda pembangunan kapasitas sistem yang paling efektif, yang digunakan di berbagai proyek di Amerika Latin.
- Pada Tahun 2004 dan 2005, metoda Raymi diadopsi untuk digunakan di beberapa benua, untuk memperbaiki menejemen air dalam polders area coastal di Bangladesh.
- Polders besar, rata, dan area rendah yang dikelilingi oleh tambak. Polders menyalurkan atau mengambil air dari sungai atau canal yang mengelilinginya.
- Raymi disarankan sebagai pendahuluan di Burkina Paso, untuk memperbaiki efesiensi dari air hujan yang digunakan dalam jalan keikutsertaan dan untuk mengstimulasikan desa Sahelian.
- Metoda Raymi sukses digunakan sebagai ilmu kesehatan, mikro industri, dan lingkungan lainnya yang sesuai dengan pengembangan perdesaan.
- Semua populasi dari semua proyek ini sangatlah miskin, dan memiliki sumber daya yang sangat kurang. Akan tetapi, setelah 3 – 4 tahun kemudian metoda Raymi mengubahnya menjadi perbaikan yang signifikan.
- FAKTOR SUKSES PACHAMAMA RAYMI
- Sebuah pergeseran yang fokus : mengakui kapasitas lokal
– Dengan motoda Raymi, populasi tidak dianggap sebagai masalah, akan tetapi dianggap sebagai solusi - Mengakui dan mengapresiasikan keanekaragaman dan kompleksitas.
- Penempatan pengetahuan yang luar biasa
- Knowledge Management yang diartikan oleh Takeuchi dan Nonanka (1995) adalah
– Sebuah disiplin yang timbul, dengan pembagian dan menggunakan keberadaan pengetahuan berdiam dan tegas, untuk merespon kebutuhan pembangunan individual dan komunitas (Pellufo 2003) - Pengetahuan Tacit merupakan esensial dari pertanian, dan berbagai aktivitasnya.
- Raymi tidak mengajari apapun, akan tetapi mentransfer satu teknologi ke lainnya, tetapi cukup fasilitas untuk mempelajari proses ini.
- Pengetahuan Menejemen dalam Raymi:
- Percabangan rakyat dan kapasitas organisasi dan kesempatan untuk belajar
- Memperbaiki dan membangun pengetahuan penduduk lokal
- Pengetahuan harus relevan dengan konteks nya.
- Fokus ulang yang berkelanjutan
- Fokus ulang pada sistem pendekatan
Tantangan dan Tugas dari Raymi :
- Mengevuluasi Pengalaman
- Membimbing kasus pembelajaran
- Mengadopsi, dan mengaplikasikan Raymi dalam kultur yang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar